Kamis, 17 Mei 2012

Karimunjawa Part I

Dengan formasi yang berbeda dari trip - trip sebelumnya aku bareng ke 5 temenku mencoba rute baru, yaitu Karimunjawa. aku yakin udah banyak orang yang pergi ke karimunjawa. tapi aku punya pengalaman sendiri, yang buat aku itu membedakan perjalanku bareng temen - temen dengan yang kebanyakan orang lakuin. modal denger - denger dan sedikit baca - baca tentang karimunjawa, kita pun pergi ke karimunjawa tanpa ikut tour agen seperti yang banyak orang lakuin.

Ceritanya aku lagi lupa dan gak inget sekarang hari apa. tapi aku tau kalo gak salah aku liat jadwal, kapal dari jepara ke karimunjawa itu ada hari sabtu. trus aku bilang ke amang "mang, besok jumat kita langsung brangkat ke jepara, soalnya sabtu kapal yang dijepara brangkat ke karimunjawa". "ini udah hari kamis!" bentak amang. karena kaget, gak pake pikir lama aku langsung ngubungin temen - temen buat ngasih tau kalo ternyata besok udah harus berangkat. disinilah masalah mulai muncul. karena terhitung dadakan, brangkatlah kita dengan uang seadanya. aku sendiri cuma bawa uang 300ribu dan uang rahasia (slimpetan di dompet) 100ribu. jadi total aku cuma bawa 400ribu. buat orang yang suka traveling duit bukan masalah, banyak jalan menuju roma. hahahaa. dari sini, sekaligus crita pengalamanku ke karimunjawa, aku juga mau ngasih tips - tips buat ke karimun jawa dengan budget minimum tapi pengalaman maksimum. hahahaa.

perjalanan ke karimunjawa :

kumpul rumah bagus - terminal jombor - semarang - terminal jepara - pelabuhan kartini - karimunjawa
  1. berhubung waktu itu aku punya pacar yang baik hati yang sekarang critanya udah jadi mantan :'( oke lupakan. hahahaaa. dia pun nganterin aku dan temen - temen dari rumahku sampai terminal jombor. jadi diitung - itung lumayanlah ya gratis sampai terminal.
  2. dari terminal jombor naik bis ekonomi jurusan jogja - semarang. kurang lebih 3 - 4 jam. karena mengalami ban bocor segala, bis kita sampai semarang butuh waktu sekitar 5 jam. @ Rp 19.000 minta turun di terminal jalur semarang - jepara
  3. naik bis ekonomi lagi sejenis metro mini semarang - jepara. kurang lebih 2 - 2,5 jam. beruntung banget kita dapet bis terakhir, itu sekitar jam 7 malem. jadi jangan sampai lebih dari jam 7 malem, nanti gak dapet bis. @ Rp. 10.000
  4. karena kita dapet bis terakhir dan juga penumpang terakhir, bisnya gak mau brenti di terminal jepara. bisnya cuma nganter sampe alun - alun jepara. jarak dari alun - alun jepara sampai pelabuhan kartini  kira - kira 2 - 3 km. dari pada harus mengeluarkan uang lagi, kita memutuskan untuk jalan kaki.

ini ane beserta 5 sahabat setia bolang jalan dari alun - alun jepara menuju pelabuhan  kartini

setalah berjalan akhirnya kita sampai di pelabuhan kartini. kita berangkat dari jogja jam 2 siang dan kira - kira jam 10 malem kita baru sampai di pelabuhan kartini. loket KM Muria (ferry jepara - karimun) baru akan dibuka besoknya jam 7 pagi. sebenarnya ada penginapan di deket pelabuhan sekitar 50 - 60 ribu permalem. tapi untuk kembali menghemat biaya kita tidur dipelabuhan beralaskan sleepingbag, jadi inget buat para traveler jangan lupa jika bepergian membawa sleepingbag buat jaga jaga bro. kita tidur bergantian, yang satu tidur yang lain ngantri tiket. karena waktu itu jam 12 udah pada mulai ngantri didepan loket (takut gak kebagian tiket KM Muria, mengingat kapal berangkat cuma 2 hari sekali). kalau diitung - itung hari ini buat transportasi jogja sampai pelabuhan kartini jepara baru ngluarin Rp. 29.000,-. murah banget kan bro :D

tidur dipinggir laut. itu aslinya diatas banyak bintang keren bro, kebetulan aku liat bintang jatuh