Rabu, 16 Mei 2012

Majalengka, berkunjung ke surga neng geulis

Hari itu kebetulan aku sedang berkumpul bersama teman - teman di warung es yang dikenal dengan nama es bangjoe. kebetulan juga si penjaga warung itu semua aku kenal, udah kaya temen sendiri lah. kebetulan juga, pas hari itu salah satu dari penjaga warung berencana untuk pulang kampung, namanya akip. kampung nya ni ada di jawa barat, majalengka namanya. sekitar 1 - 1,5 jam dari cirebon, terletak di kaki gunung ciremai. sumpah demi apa pas kebetulan juga semester 3 aku cuti, jadi gak punya kerjaan sama sekali selain duit didompet tinggal 20ribu. karena malu jadi pengangguran di kota sendiri dan pengen liat tuh yang namanya majalengka, dengan modal semangat didalam diri aku beranikan untuk meminjam uang kepada salah satu temanku yang juga ada di bangjoe, namanya amang. kalo yang belum tau amang? dia itu sahabatku, dan aku udah menganggapnya seperti bank sendiri. kalo gak ada modal tinggal bilang sama dia. dengan modal 70ribu dan jaminan kehidupan dari akip, aku pun langsung berangkat ber-2 bersama akip menuju stasiun lempuyangan untuk segera berangkat ke majalengka naik kereta. tidak lupa sebelum berangkat ke lempuyangan aku berpesan kepada amang, "nak, jika memang kamu berkenan, susul-lah kami ber-2 ke majalengka".
   Di majalengka sendiri ada salah satu penjaga warung es bangjoe yang bernama andri. dia memutuskan pulang kampung dan tidak bekerja lagi dijogja karena denger - denger sih mencoba peruntungan untuk bekerja di korea (sebut saja TKI). kalau memang ujung - ujungnya gagal sih, paling engga si andri kita doakan bisa jadi artis ftv. aku pun berangkat sore itu ber-2 bersama akip. singkat cerita aku udah lebih dulu sampai majalengka. dan karena memang amang mendengarkan nasihatku, amang pun menyusul bersama pleki esoknya, juga naik kereta. alhasil berkumpulah 5 begundal di majalengka. 2 anak kampung sini, andri dan akip beserta 3 orang tersesat aku, amang dan pleki.

si akip

si amang

gabrut punya : "putri pleki"
dan itu bukan anggur merah

andri the biho

Siang itu di Majalengka aku, amang, pleki dan andri berkunjung ke rumah si boss pemilik usaha warung bangjoe yang ada di jogja. kebetulan akip tidak bisa ikut, ia memilih berada dirumah untuk berkumpul bersama keluarga. aku belum pernah bertemu dengan boss bangjoe sebelumnya. namanya aa' jajat, seperti apa orangnya? kalo diliat dari fisiknya sih, orangnya berambut gimbal panjang itu yang paling membedakan dia dengan orang - orang yang lain. sejauh saya melihat orangnya, senjatanya cuma 2, yaitu sepeda onthel dan gitar. jadi ni orang bawaannya cuma gitar trus muter - muter pake onthelnya kemana - mana. aku gak tau ni orang alirannya apaan, tapi kalo diliat sekilas kayanya ni orang pecinta reggae. tapi kita tahu reggae juga tidak sekedar genre musik, ada nilai kebebasan dan kemerdekaan didalamnya. lebih jelasnya lagi, aa' jajat ini semacam bob marley dari majalengka. wooyooo.
   berkunjung kerumah aa' jajat meskipun belum kenal dengan orangnya, ternyata orang ini ramah banget. langsung kita dikenalkan sama ibunya sama adiknya sama seluruh orang yang ada dirumahnya. tanpa lama - lama pun kita diajak makan bersama keluarga. rasanya adem banget, baru kenalan udah dianggep kaya saudara sendiri. bukan karena diberi makan ya, mengingat duit yang aku bawa juga cuma 70ribu. itu aja juga udah dipakai 35ribu buat bayar tiket kereta jogja - cirebon. tapi emang bener - bener mereka menerima kita bukan seperti orang asing yang baru kenal.
   Setelah dijamu dan berbincang - bincang dengan aa' jajat, ia mengajak kita untuk berjalan - jalan. menggunakan mobil pick-up, aa' jajat pun mengajak kita jalan - jalan menyusuri desa - desa di kaki gunung ciremai yang nantinya berujung pada sebuah curug / air terjun, curug cipeteuy namanya. dan bener gak salah lagi emang kalo jawa barat itu terkenal dengan eneng - eneng nya yang geulis - geulis pisan euy. sepanjang kita jalan kita melewati desa - desa dan memang bener bening - bening ternyata. aku sendiri menjumpai 1 eneng ini yang kecantikannya tidak bisa diungkapkan dengan kata - kata. sayang seribu sayang aku gak sempet motret wajah itu eneng. padahal kalo bisa kepotret itu eneng, bisa dilihat wajahnya adeemm banget tapi dihati tuh rasanya angeeett banget.

akhirnya setelah menyusuri desa - desa menggunakan pick-up D&D Furniture tibalah kita di kawasan curug  cipeteuy. kita harus jalan dulu biar bisa sampai curug, paling engga ya sekitar 1 sampai 1,5 kilo an. pemandangannya lumayan sih hutan - hutan gitu, adem yang jelas. air terjunnya sih cuma kecil, tapi disitu ada taman. lumayan kalo kesana sekedar mau outbound, bisa juga dipakai buat camping. apalagi ini tempat terbilang baru, baru mau dijadiin tempat wisata sama warga sekitar.
    tanpa pikir panjang ketika sampai didepan curug, aku pun langsung copot baju dan nyebur. rugi udah jauh - jauh dari jogja kalo gak basah - basah an. hhaa. ternyata emang bener, dingin banget bro. tapi ya lumayan seru buat ngilangin gerah.

setelah menghabiskan waktu di curug, pas banget kalo pasangannya makanan yang anget anget. ini dia sorabi khas majalengka. kalo di jogja sorabinya manis. disini sorabinya gurih, dimakan pake sambel. Yu Ratmi penjual sorabi di majalengka. setiap hari di buka warungnya, penikmatnya adalah semua kalangan. gak anak - anak, orang dewasa, orang tua semua beli sorabi Yu Ratmi ini. karena juga gak ada cafe, warung sorabi Yu Ratmi jadi semacam bistro gaulnya anak - anak muda yang ada di majalengka. udah paling enak tuh, makan sorabi telor pake sambel, rokok, sambil minum kopi. surga banget kalo pas lagi butuh yang anget - anget.

esok nya kita berencana untuk kembali pulang ke jogja, namun kereta ekonomi yang ke arah jogja baru akan tiba di cirebon pada tengah malam. oleh karena itu untuk menghabiskan sisa waktu, kita berencana untuk berjalan - jalan menghabiskan majalengka. setelah kemarin menggunakan pick-up sekarang, alat transportasi yang akan kita gunakan jauh lebih unik dan menarik. ini dia robot kita :

malam pun datang dan berakhirlah perjalanan panjang kita di Majalengka. berangkatlah kita ke stasiun di cirebon untuk naik kereta kembali ke jogja.